Yudaps.id

Sebuah blog berisi cerita dari pengalaman hidup Yuda

8 Tools SEO Terbaik yang Harus Kamu Gunakan di 2024 (Update)

Lagi bingung mencari tools SEO gratis yang bisa membantu mengoptimalkan SEO website ataupun blog kamu? Kamu berada di tempat yang tepat.

Di artikel kali ini saya akan men-share tools SEO terbaik yang bisa kamu gunakan. Tools SEO yang saya share ini berdasarkan pengalaman saya menggunakannya.

8 Tools SEO Terbaik

Berikut list tools SEO Terbaik di tahun 2024 berdasarkan pengalaman saya:

1. Google Search Console

Google Search Console adalah tempat kamu bisa mendapatkan informasi tentang kinerja website. Informasi tersebut bisa berupa masalah yang ada di dalam website, jumlah view atau traffic, keyword apa saja yang paling banyak dicari dari website kamu dan hal-hal apa saja yang bisa dioptimasi dari website kamu. Oleh karena itu, kamu wajib menggunakan tools ini apabila ingin mengoptimasi SEO website.

Yang bisa kamu dapatkan dari Google Search Console:

  • Memahami kinerja SEO website dalam hal jumlah klik, view , CTR (Click Through Rate), dan posisi rata-rata dari keyword atau kata kunci. Hal ini tentu akan berguna untuk membantu kamu merencanakan strategi SEO website kamu kedepannya.
  • Memeriksa URL atau permalink website untuk mengidentifikasi masalah crawling dan pengindeksan website. Contoh: kesalahan 404, halaman diblokir oleh robots.txt, dan lainnya);
  • Mengirimkan sitemap.
  • Mendapatkan informasi tentang backlink (tautan balik) dan internal linking (tautan internal) yang diketahui Google;
  • Minta indeksasi URL atau request index URL.
google search console yudaps 1
Menu yang ada di Google Search Console

Saya merekomendasikan tools ini karena:

Google search console adalah tempat terbaik untuk melihat masalah sebenarnya yang dilihat Google saat crawling dan mengindeks website kita.

Selain itu, jika kamu menuju ke menu pages atau halaman. Kamu bisa mengecek URL suatu halaman untuk memahami dengan bagaimana Googlebot melakukan “tugas” nya, tanggal terakhir dilakukan crawling, dan banyak lagi.

Tool ini adalah tool wajib yang harus kamu gunakan untuk mendiagnosis masalah apa pun yang terjadi pada website kamu.

Dengan search console, kamu juga bisa mendapatkan ide konten apa yang akan kamu buat selanjutnya. Perhatikan cara berikut ini:

Pertama kamu bisa menuju ke menu Performance > Search result. Jika belum menceklis bagian “average CTR” dan “average position” silakan diceklis terlebih dulu.

Screen Shot 2022 03 19 at 10.49.50

Setelah diceklis, kamu bisa praktekkan kedua cara berikut:
1. Urutkan data berdasarkan Impression tertinggi dan cari kata kunci yang memiliki jumlah klik yang rendah atau jumlah CTR yang rendah.

Screen Shot 2022 03 19 at 10.59.05

Dengan pengaturan seperti ini artinya kamu bisa melihat kata kunci apa yang harus kita optimasi berikutnya. Karena logikanya kata kunci tersebut yang paling banyak dilihat oleh orang di SERP, tapi mereka belum mau mengklik website kita dengan berbagai alasan.

Nah, dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa mulai mengoptimai kata kunci atau konten tersebut. Atau kamu bisa mencoba cara kedua,

2. Urutkan data berdasarkan posisi terendah dan gunakan filter untuk menampilkan posisi 15 dan lebih tinggi.

Screen Shot 2022 03 19 at 11.06.39

Dengan pengaturan seperti ini kamu bisa menemukan kata kunci apa yang posisinya masih jauh di SERP, sehingga kamu juga bisa mengoptimasi kata kunci tersebut agar posisinya bisa lebih baik di hasil mesin pencari.  

Sudah dapat ide mau buat konten apa? Selamat mencoba.

2. Google Pagespeed Insight

Kecepatan website tidak hanya menjadi faktor peringkat, tetapi juga akan mempengaruhi pengalaman pengguna (UX) website kamu. Halaman website yang lambat dapat menngurangi konversi dan merusak peringkat, jadi menggunakan tools PageSpeed ​​Insights gratis dari Google adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

Yang bisa kamu lakukan denga Google Pagespeed Insight:

Kamu dapat menggunakan Google PageSpeed ​​Insights untuk mengetahui skor PageSpeed atau kecepatan dari website kamu dan mempelajari cara meningkatkan kecepatan website kamu berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh tools ini. Sangat bermanfaat bukan?

pagespeed yudaps
Hasil dari PagespeedInsight

Meskipun kamu tidak mengerti perihal teknis website, kamu tetap akan dapat melihat faktor utama yang mempengaruhi kecepatan website, seperti waktu muat gambar atau masalah server, serta faktor yang berkinerja baik maupun yang berkinerja buruk.

Saya merekomendasikan tool ini karena:

Tool ini memberi saran atau rekomendasi yang jelas untuk perbaikan situs website kita, dan juga menunjukkan berapa banyak waktu yang dapat dihemat apabila kita mengimplementasikan rekomendasi dari tools ini. Tentu ini cara yang bagus untuk menyempurnakan kinerja website kita bukan?

pagespeed yudaps 1
Opportunities atau rekomendasi dari PageSpeed Insight

3. Google Analytics 4

Google Analytics adalah tool yang juga wajib kamu gunakan sebagai pemilik website. Informasi yang diberikan oleh Google analytic dapat membantu kamu untuk menentukan keputusan strategi apalagi yang akan kamu lakukan terhadap website kamu.

Yang bisa kamu lakukan dengan Google Analytics:

google analytics menu yudaps
Menu Google Analytics

Dengan Google analytics kamu dapat melihat dan menganalisa beberapa metrik yang berhubungan dengan website kamu seperti jumlah sesi, pengunjung unik, dan konversi. Yang mana data-data ini nanti akan membantu kamu untuk mengembangkan pemahaman mendetail trafik website kamu termasuk dari mana asal trafik website, ke mana masuknya visitor atau pengunjung di website kamu, serta konten atau artikel apa yang paling banyak dikunjungi di website kamu.

Kamu bahkan bisa mendapatkan data pengguna atau visitor website kamu secara mendetail, seperti demografi dan penggunaan perangkat. Tentu hal ini dapat membantu kamu untuk membuat strategi marketing kedepannya bukan?

Google Analytics hampir mirip fungsinya dengan Google search console. Jika diibaratkan, Google Analytics berguna untuk melihat website kamu dari arah luar (trafik, jumlah visitor, dan lainnya) sedangkan Google search console berguna untuk melihat “keadaan” di dalam website kamu.

4. SEMRush

semrush dashboard yudaps
Fitur dari SEMRush

SEMrush adalah tool SEO komprehensif yang bisa dibilang cukup lengkap saat ini. Selain SEO, tool ini juga bisa digunakan untuk mengetahui dan mengoptimasi channel digital marketing lainnya, seperti content marketing, social media marketing, dan lainnya.

Yang bisa kamu lakukan dengan SEMRush:

Meskipun tool ini tidak sepenuhnya gratis, tapi jika kamu hanya ingin menggunakan versi yang gratisnya saja, kamu tetap bisa menggunakan fitur berguna dari SEMRush:

 

  • Kamu dapat melakukan pencarian hingga 10 pencarian keyword atau kata kunci dalam sehari dengan Keyword Magic Tools.
  • Kamu dapat membuat dan mengelola satu proyek (setiap proyek mencakup 12 tools). 12 tool yang dimaksud adalah social media marketing, content marketing, SEO (tentunya) dan lainnya.
  • Kamu dapat me-crawl hingga 100 halaman website dengan tool Site Explorer. Tool ini berguna untuk menemukan masalah dan peluang optimasi website (mirip seperti Google Search Console).
  • Kamu dapat melacak posisi hingga 10 kata kunci di perangkat Position Tracking Tools. Kegunaan dari perangkat ini akan membantu mengetahui posisi dari keyword yang kamu target.

Saya merekomendasikan tool ini karena:

Meskipun tool ini tidak sepenuhnya gratis, tapi jika kamu hanya menggunakan versi yang gratisnya saja, kamu tetap bisa menggunakan fitur berguna dari SEMRush. Mulai dari penelitian keyword atau kata kunci hingga audit SEO teknis, report, dan lainnya.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan extension browser SEO yang sangat berguna yang bernama SEOquake.

seoquake yudaps
Tampilan dashboard dari SEOquake. Sangat berguna bukan?

5. Screaming Frog

Screaming Frog SEO Spider bisa kamu gunakan untuk meng-crawl hingga 500 URL dengan akun gratis. Hasil crawl tersebut akan berguna untuk mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada website kamu.

Yang bisa kamu lakukan:

Tidak seperti banyak tools crawler lainnya, Screaming Frog adalah tools berbasis desktop atau aplikasi untuk menganalisis dan mengaudit masalah teknis SEO. Dari menemukan link atau tautan yang rusak, pengalihan audit hingga menganalisis meta data dan menemukan konten yang duplikat. Tools ini dapat digunakan untuk website besar dan kecil.

Saya merekomendasikan tools ini karena:

Screaming Frog memudahkan kita untuk mengekspor hasil crawling website ke spreadsheet untuk digunakan sebagai bahan optimasi SEO website kita. Hasil tersebut juga akan berguna dalam jangka panjang pastinya.

screaming frog yudaps
Contoh hasil crawling dari screaming frog.

6. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin WordPress gratis yang bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan website secara sederhana dan mudah.

yoast yudaps
Menu Yoast SEO

Yang bisa kamu lakukan:

Yoast SEO membantu kita untuk mengoptimalkan website dengan kata kunci atau keyword yang ingin kita target. KIta juga dapat mengetahui apakah artikel yang kita buat sudah maksimal atau belum, keyword yang kita implemen sudah tepat atau belum, jumlah kata dalam artikel yang kita buat sudah sesuai atau belum.

Saya merekomendasikan tools ini karena:

Yoast SEO sangat mudah untuk digunakan dalam mengelola pengoptimalan halaman website kita. Setelah kamu memasukkan kata kunci atau keyword fokus untuk sebuah halaman atau artikel, tools ini akan memberi kamu sejumlah rekomendasi untuk masalah yang harus diperbaiki dan ditingkatkan, dan juga menunjukkan kepada kamu apabila pengoptimalan yang dilakukan sudah benar.

 

 

7. Rank Math

Rank Math adalah sebuah plugin SEO untuk WOrdPress. Bisa dikatakan plugin ini merupakan pesaing dari plugin Yoast SEO. Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Yang bisa kamu lakukan dengan Rank Math:

Tool ini mencakup semuanya mulai dari mengoptimalkan judul halaman dan deskripsi meta artikel kamu serta memantau kesalahan 404, hingga membuat peta situs XML dan mengidentifikasi peluang konten baru.

Rank Math bahkan akan merekomendasikan pengaturan yang ideal untuk membantu kamu menjalankan website WordPress yang optimal.

Rangkaian SEO Rank Math mencakup beberapa fitur berikut:

rank math features yudaps
Fitur Rank Math

Saya merekomendasikan tools ini karena:

Tidak seperti beberapa plugin SEO WordPress lainnya, kamu dapat mengendalikan dan mengoptimalkan SEO terutama on-page SEO website kamu dengan tools ini. Kamu dapat memilih fitur – fitur apa saja yang ingin digunakan, apalagi jika kamu menggunakan fitur yang berbayar.

8. Panguin Tools

Algoritma Google selalu mengalami update. Pembaruan algoritma tersebut dapat memengaruhi posisi website apabila website kita tidak mengikuti update algoritma tersebut. Panguin tools adalah alat yang tepat dan ideal untuk menyelidiki update ini dan mengimplementasikan hal-hal apa yang saja yang harus di update di website kita.

Yang bisa kamu lakukan dengan Panguin Tools:

Tool ini dapat kamu gunakan untuk melihat dengan cepat apakah website Anda telah mengikuti update terbaru pada algoritme Google.

Sebelumnya kamu perlu menghubungkan akun Google Analytics kamu ke Panguin tools dan kemudian kamu akan melihat trafik website yang berdampak terhadap update algoritma Google tersebut. Sehingga kamu bisa mengidentifikasi potensi penyebab trafik website kamu turun atau naik.

panguin tools yudaps
Dasboard Panguin Tool

Saya merekomendasikan tool ini karena:

Tool ini dapat menyederhanakan proses pemeriksaan trafik website kita terhadap pembaruan algoritma Google. Jadi kamu tidak perlu lagi beralih antar tab dan menyesuaikan tanggalnya.

Baca juga: Pengertian Content Hub, Seberapa Penting untuk SEO?

Jika tidak ada tool ini mungkin kita membutuhkan waktu berjam-jam untuk memeriksanya, tapi dengan Panguin tools, kita hanya membutuhkan beberapa menit saja. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Kesimpulan

Saya harap kamu telah menemukan beberapa tools SEO baru yang akan meningkatkan dan mempermudah proses optimasi SEO website kamu.

Jika kamu mempunyai tool SEO favorit lainnya yang belum saya sebutkan di atas, silahkan komen dikolom komentar ya.

Semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *