4 Teknik Digital Marketing yang Harus Kamu Hindari

teknik-digital-marketing-yang-harus-dihindari-yudaps.id

Ada 4 teknik digital marketing yang harus kamu hindari, yaitu : menggunakan banyak jaringan media sosial, memiliki banyak akun di media sosial yang sama, memasang backlink yang tidak berkualitas sekaligus, dan memposting banyak blog sekaligus.

Pernah tidak kamu berpikir “kok waktu rasanya cepat sekali berlalu ya?” Tanpa sadar sudah malam saja, atau tanpa sadar kita sudah harus pulang dari kantor, sementara kerjaan di kantor masih numpuk?

Apalagi di zaman canggih seperti sekarang ini, sumber pengetahuan bisa didapat dari mana saja, rasanya ada saja hal-hal baru yang ingin kita pelajari dan cari tahu? Ada saja tips marketing baru yang ingin kamu coba, atau metode promosi media sosial yang harus kamu coba.

Dan itu semua butuh perhatian lebih dari kamu, jangankan mempelajari dan mencoba hal-hal baru tersebut, menerapkan ilmu yang sudah kita pelajari sebelumnya saja mungkin belum sempat.

Kali ini saya ingin memberitahu 4 teknik digital marketing yang harus dihindari, apa saja teknik tersebut?

1. Terlalu Banyak Menggunakan Jaringan Media Sosial

Berpromosi dengan media sosial memang dianjurkan. Tapi saya ingatkan, kamu harus pintar memilih media sosial yang tepat untuk tempat berpromosi.

Terlebih sumber daya manusia di bisnis kamu mungkin terbatas, oleh karena itu cermat dalam memilih jaringan media sosial sangat penting. Selain kamu bisa fokus promosi, kamu juga bisa hemat bukan?

Karena digital marketing bukan hanya tentang seberapa banyak jaringan media sosial yang kamu punya, tapi seberapa besar dan berkualitasnya jaringan media sosial yang kamu punya.

Lakukan analisa untuk menentukan media sosial yang akan digunakan. Setiap bisnis pasti memiliki cara dan tempat promosi yang berbeda-beda. Kamu bisa menentukan jaringan media sosial mana yang akan kamu gunakan dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut :

  • Dimanakah target bisnis saya?
  • Dimanakah biasanya target bisnis saya beraktivitas?
  • Dimanakah target bisnis saya biasa melakukan pencarian?
  • Apakah ada situs yang mengumpulkan target bisnis sesuai niche bisnis saya?

Setelah kamu menjawab pertanyaan tersebut dan sudah memutuskan menggunakan media sosial yang mana, maka fokuslah di media sosial tersebut. Ciptakan suasana yang engaging. Balas setiap komen di akun media sosial kamu, apabila ada pertanyaan terkait bisnis kamu, segera jawab. Tinggalkan semua jaringan media sosial yang tidak kamu gunakan, karena hanya akan menghabiskan waktu saja.

2. Memiliki Banyak Akun di Media Sosial yang Sama

Bukan berarti setelah kamu memilih satu jaringan media sosial yang tepat lantas kamu membuat banyak akun di jaringan media sosial tersebut. Jika kamu lakukan, sama saja. Buang-buang waktu!

Lalu bagaimana dengan contoh berikut ini?

contoh banyak akun di satu media sosial yudaps.id

Buat Apple ini tidak masalah, kenapa? Karena mereka memiliki sumber daya yang banyak, dan Apple juga memang memerlukannya, agar mempermudah klien mereka.

Tapi tidak semua bisnis sebesar Apple, maka sebaiknya kamu pikir ulang apabila ingin membuat banyak akun di satu media sosial yang sama.

Coba kamu bayangkan, saat ini setidaknya ada 5 jaringan media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang :

Katakan di masing-masing akun media sosial tersebut kamu mempunyai tiga akun (sales, marketing, customer service), berarti kamu harus memonitor, maintenance, dan update sehari-hari di lima belas akun media sosial tersebut. Hal ini akan banyak menghabiskan waktu, dan ini juga belum tentu bisa meningkatkan income bisnis kamu.

Sebaiknya kamu menggabungkan satu akun saja di masing-masing media sosial. Lagipula fokus di satu media sosial dapat memperkuat brand kamu dan tentunya membuat klien tidak bingung untuk mengikuti kamu.

3. Memasang Backlink Sebanyak Mungkin

Pernyataan memiliki banyak backlink akan berdampak baik bagi website, tidak sepenuhnya benar. Supaya lebih tepat, saya akan memperbaiki pernyataan tersebut,

Memiliki banyak backlink “yang berkualitas” akan berdampak baik bagi website kita.

Bagaimana dengan kalimat tersebut? Setuju?

Kualitas backlink sangat penting untuk SEO kamu. Dan kualitas link yang dihubungkan ke website kamu ini ditentukan oleh DA (Domain Authority) dari website yang menghubungkannya.

Menurut MOZ, DA (Domain Authority) adalah ranking atau peringkat untuk memprediksi seberapa baik website pada halaman mesin pencari.

DA dihitung dengan mengevaluasi beberapa faktor, termasuk jumlah backlink berkualitas, dan domain yang memberikan backlink ke website kita. Kemudian nilai atau skor ini dapat digunakan untuk membandingkan satu website dengan website lainnya dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu mendapatkan backlink dari website yang mempunyai nilai DA tinggi lebih baik daripada backlink dari sembarangan website.

Jadi, lebih baik kamu memikirkan bagaimana caranya mendapatkan backlink dari website yang memiliki DA tinggi daripada hanya sibuk mendapatkan banyak backlink dari website yang tidak jelas otoritasnya.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, kamu bisa melakukan guest blogging atau membuat content yang layak untuk di share. Saya akan membahas masalah ini di artikel selanjutnya.

4. Memposting Banyak Blog Sekaligus

Mempunyai blog yang update sangat baik untuk peringkat website di mesin pencarian. Tapi kamu juga harus memperhatikan kualitas dari artikel yang kamu buat.

Percuma apabila kamu update banyak artikel sekaligus, tapi artikel tersebut tidak berkualitas.

Membuat sebuah artikel yang berkualitas tentu membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Waktu dan tenaga tersebut sangat terbatas, apalagi untuk bisnis yang masih kecil.

Oleh karena itu, lebih baik fokus membuat satu artikel yang berkualitas daripada membuat banyak artikel tapi tidak berkualitas sama sekali.

Ingat,utamakan kualitas dibandingkan kuantitas.

Seperti apa artikel yang berkualitas? Jawabannya mudah : Artikel yang bisa memberikan nilai kepada pembacanya.

Jadi, jangan habiskan waktu kamu untuk membuat dan memposting banyak artikel sekaligus, tapi sebaiknya gunakan waktu kamu untuk riset topik artikel yang berkualitas.

Kesimpulan

Waktu kamu sangat berharga dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu gunakanlah waktu kamu untuk mengembangkan bisnis tersebut, hindari melakukan kegiatan yang akan membuang waktu kamu.

4 kegiatan yang harus kamu hentikan sekarang juga dalam digital marketing :

  1. Hindari menggunakan banyak jaringan media sosial untuk berpromosi. Analisa target bisnis kamu, tentukan jaringan media sosial yang cocok untuk bisnis kamu, kemudian fokus di media sosial tersebut!
  2. Hindari memiliki banyak akun di satu media sosial yang sama. Usahakan menggabungkan satu akun di masing-masing media sosial saja. Karena fokus di satu akun media sosial dapat memperkuat brand kamu dan tentunya membuat klien tidak bingung untuk mengikuti kamu.
  3. Hindari memasang backlink yang tidak berkualitas sekaligus. Lebih baik fokus untuk mendapatkan backlink dari website yang memiliki nilai DA (domain authority) tinggi.
  4. Hindari memposting banyak blog sekaligus. Sebaiknya kamu fokus untuk melakukan riset dan membuat artikel yang berkualitas. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang memberikan nilai kepada pembacanya. Ingat, lebih penting kualitas daripada kuantitas.

Lalu, masih adakah taktik digital marketing yang selama ini kamu lakukan tapi tidak efektif?

Berbagi pengalaman yuk di kolom komentar.