Yudaps.id

Sebuah blog berisi cerita dari pengalaman hidup Yuda

Pengertian SEO dan Kategorinya yang Wajib Kamu Tahu!

Kamu bisa bayangkan gak? Berapa banyak website yang ada di mesin pencari seperti Google?

Kamu bisa menghitung kira-kira setiap harinya ada berapa banyak website baru yang muncul di Google? Pasti banyak!

Seperti yang dilansir oleh W3Techs, saat ini pengguna WordPress sudah mencapai 33,5% dari seluruh pengguna Internet. Angka ini baru dari pengguna WordPress, belum termasuk pengguna CMS (Content Management System) selain wordpress.

Bisa saja ketika kamu membuat sebuah website dengan topik tertentu, ada ratusan orang lain yang juga membuat website serupa dengan kamu.

Lalu bagaimana caranya agar website kamu lah yang dikunjungi oleh target pembaca kamu? Website kamu harus muncul di halaman pertama Google!

Kenapa harus halaman pertama? Dan kenapa harus Google?

Begini:

Website kamu harus berada di halaman pertama Google karena tidak akan ada orang yang mencari (Googling) sampai ke halaman kedua. Anggap saja kamu yang mencari sesuatu, kamu mencarinya di Google. Apakah kamu akan mencari sampai halaman kedua? Tidak, kalau sudah dapat apa yang kamu cari di halaman pertama. Oleh karena itu kamu harus berlomba dengan website lainnya agar website kamu berada di halaman pertama Google.

Kenapa harus Google? Karena Google merupakan mesin pencari yang paling banyak penggunanya. Semua orang akan menuju Google ketika ingin mencari sesuatu, betul?

Sekarang kamu paham kan? Lalu bagaimana caranya supaya website kamu muncul di halaman pertama?

Jawabannya adalah SEO.

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah proses untuk mengoptimalkan website kamu, sehingga mesin pencari akan menampilkan website kamu di posisi teratas sesuai dengan kata kunci yang kamu buat.

Lalu apa yang dioptimalkan? Designkah? Konten website? Link?

Semuanya. Semuanya harus kamu optimalkan.

Prinsip SEO

Prinsip SEO bisa kita gambarkan dengan analogi seperti ini :

User (pengunjung website) mencari konten tentang “cara membuat blog” di Google. Google sebagai mesin pencari, tentu ingin “memuaskan” penggunanya (user) dengan menampilkan konten yang sesuai dengan yang dicarinya. Nah apabila konten kamu sudah dioptimalkan dengan SEO, maka Google akan menampilkan konten website kamu di halaman mesin pencari agar user tersebut mengunjungi website kamu. Dan user akan puas dengan Google karena masalahnya dapat diselesaikan.

Paham kan sampai disini?

Kategori SEO

Ketika kita berbicara tentang SEO, maka ada dua kategori SEO : On-Page SEO vs Off-Page SEO

On-Page SEO menyangkut semua faktor yang ada di website kamu yang akan dilihat oleh Google, seperti konten, judul konten, struktur halaman website kamu.

Sedangkan Off-Page SEO lebih menyangkut ke variabel yang ada di website kamu yang berasal dari sumber lain, seperti jaringan media sosial, blog lain (link building), dan backlink

Keduanya berbeda, tapi kamu harus melakukan keduanya untuk mendapatkan peringkat terbaik di Google.

Agar lebih mudah, saya buatkan contoh seperti ini :

Bayangkan kamu mempunyai rumah yang besar, ada taman di halaman depannya, di halaman tersebut ada jalan kecil yang mengarah masuk ke pintu utama rumah kamu.

Contoh 1:

Rumah kamu sangat bersih di bagian dalamnya, tapi halaman depan rumah kamu berantakan. Maka meskipun rumah kamu mewah, besar tapi kalau di halaman depannya berantakan, maka orang akan malas datang apalagi masuk kerumah kamu.
Ini sama halnya dengan website, jika kamu tidak mengoptimalkan On-Page SEO website kamu, tidak akan ada orang yang akan mengunjungi website kamu meskipun kamu mempunyai desain website yang bagus, futuristik, banyak animasi, dan sebagainya.

Contoh 2:

Halaman rumah kamu rapi, bersih, tapi bagian dalam rumah kamu berantakan. Mempunyai halaman yang bersih tentu akan menarik banyak orang untuk berkunjung ke rumah kamu, tetapi begitu masuk ke rumah kamu, bagian dalam rumah kamu berantakan, seperti “kapal pecah” , tentu mereka akan pergi lebih cepat dari kamu mengucapkan S.E.O. Ya gak?

Dan ketika pengunjung meninggalkan website kamu setelah hanya melihat satu halaman, Google menganggapnya sebagai bounce. Semakin tinggi rasio bounce rate (jumlah pengunjung yang meninggalkan website) kamu, semakin buruk peringkat website kamu di Google.

Itulah sebabnya mengapa kamu perlu melakukan On-Page dan Off-Page SEO.

Kesimpulan

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah proses untuk mengoptimalkan website kamu, sehingga mesin pencari akan menampilkan website kamu di posisi teratas sesuai dengan kata kunci yang kamu buat.

Ada 2 kategori penting yang harus kamu ketahui :

  1. On-Page SEO adalah semua faktor yang ada di website kamu yang akan dilihat oleh Google, seperti konten, judul konten, struktur halaman website kamu. Sedangkan
  2. Off-Page SEO lebih menyangkut ke variabel yang ada di website kamu yang berasal dari sumber lain, seperti jaringan media sosial, blog lain (link building), dan backlink

Di artikel selanjutnya saya akan menjelaskan masing-masing pengertian dari On-Page SEO dan Off-Page SEO. Sampai jumpa.

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *