Panduan Mendaftar Google Analytics untuk Pemula

panduan-mendaftar-google-analytics-yudaps

Google Analytics adalah sebuah tools atau alat analytics yang berfungsi untuk mengukur performa website atau blog kita. Dengan tools ini kita bisa melihat data atau statistik berupa jumlah pengunjung website, dari mana pengunjung website kamu berasal, sampai device apa yang pengunjung kamu gunakan.

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang Google Analytics? Apakah di website kamu sudah dilengkapi dengan kode google analytics? Atau sebenarnya kamu sudah tahu apa itu Google Analytics tapi tidak tahu kegunaannya?

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang panduan mendaftar Google Analytics, saya akan menjelaskan pengertian dari Google Analytics.

Pengertian Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah tools atau alat analytics yang berfungsi untuk mengukur performa website atau blog kita. Dengan tools ini kita bisa melihat data atau statistik berupa jumlah pengunjung website, dari mana pengunjung website kamu berasal, sampai device apa yang pengunjung kamu gunakan.

Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui tentang statistik tersebut?
Kali ini saya ingin membahas tentang panduang Google Analytics, kenapa website atau blog kamu wajib dilengkapi dengan google analytics dan bagaimana cara memasang google analytics di website kamu.

Kenapa kamu membutuhkan Google Analytics

Saya anggap kalian yang membaca artikel ini sudah mempunyai website atau minimal mempunyai blog. Entah itu website untuk keperluan bisnis maupun blog untuk menulis hal-hal yang kalian suka. Nah di website maupun blog kalian tersebut harus dilengkapi dengan kode Google Analytics. Kenapa?

Berikut beberapa data atau statistik yang bisa kamu dapatkan dari Google Analytics:

  • Berapa banyak orang yang mengunjungi website saya?
  • Dari mana pengunjung website saya berasal?
  • Apakah website saya sudah responsive atau mobile-friendly?
  • Halaman apa dari website saya yang paling banyak dikunjungi?
  • Bagaimana saya bisa meningkatkan kecepatan website saya?

    Sampai ke hal seperti
  • Dari mana pengunjung saya tahu tentang website saya?
  • Device apa yang digunakan oleh pengunjung website saya?

List di atas hanya beberapa pertanyaan yang bisa dijawab oleh Google Analytics. Sebenarnya masih banyak jawaban yang bisa kamu dapatkan dari Google Analytics. Oleh karena itu, website kamu harus dilengkapi dengan Google Analytics. Sekarang saatnya memasang Google Analytics di website kamu.

Cara Menginstall Google Analytics di Website

Pertama, kamu butuh akun Google Analytics. Untuk mendaftar di Google analytics, kamu membutuhkan akun Gmail. Saya yakin kamu sudah mempunyai akun Gmail (email). Jika kamu sudah mempunyai akun gmail, maka kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk mendaftar dengan mengikuti panduan mendaftar google analytics.

Yang perlu kamu ingat adalah gunakan akun gmail yang benar-benar akan kamu gunakan seterusnya, bukan hanya akun sementara. Dan hanya kamu yang mempunyai akses ke akun google ini. Sebenarnya bisa saja kamu memberikan akses Google analytics ke akun lainnya, tapi jika nanti kedepannya ada masalah, maka kamu akan kesulitan untuk mengaturnya.

Panduan Mendaftar Google Analytics

Ketika kamu ingin mendaftar di Google Analytics, maka kamu diwajibkan untuk login menggunakan akun Gmail kamu, seperti yang terlihat di bawah ini.daftar google analytics

Setelah memasukkan email gmail, maka selanjutnya kamu akan menemukan tampilan halaman depan Google Analytics seperti di bawah ini, dan kamu bisa langsung mengklik “Buat akun secara gratis”.

step 2 daftar google analytics

Kemudian kamu bisa mengisi nama field “Nama akun” . Di field ini kamu bisa isi dengan nama bisnis kamu (jika ini digunakan untuk website bisnis kamu) atau diisi dengan nama personal kamu (jika ini digunakan untuk website personal kamu). Seperti gambar di bawah ini.
step 3 daftar google analytics
Selanjutnya kamu bisa milih untuk “Web” jika kamu ingin mengetahui traffic dari website kamu. Seperti gambar di bawah ini.

step 4 daftar google analytics

Kemudian di bagian Penyiapan properti, kamu bisa mengisi detail properti sebagai berikut:
Nama situs: diisi dengan nama situs kamu, misal: kopitem.com
URL situs: pilih https:// kemudian ketikkan nama situs kamu, misal: https://kopitem.com
Kategori industri: pilih yang sesuai dengan kategori industri, jika tidak ada maka kamu bisa pilih “other” atau “lainnya”
Zona Waktu Pelaporan: Pilih lokasi di mana kamu berada, dan pilih waktu yang sesuai dengan lokasi kamu.

Jika dilihat pada gambar, maka hasilnya seperti ini:

step 5 daftar google analyticsSetelah semua selesai kamu isi, maka kamu bisa klik “Buat” . Dan selanjutnya akan muncul pop up baru tentang regulasi Google analytics. Kamu bisa mengganti lokasi dengan Indonesia, kemudian beri centang di “Perjanjian Persyaratan Google Analytics” dan juga beri centang di “Persyaratan Tambahan yang Berlaku untuk Data yang Dibagikan kepada Google”. Perhatikan gambar di bawah ini.

step 6 daftar google analytics
Selanjutnya pilih “saya setuju”. Maka kamu sudah mempunyai akun Google analytics untuk website bisnis atau personal. Selamat.
Ketika kamu sudah selesai mendaftar, maka kamu akan diarahkan ke halaman Admin Google Analytics, namun sebelum itu akan melihat pop up baru yang berisi beberapa pertanyaan. Perhatikan gambar berikut ini. Saya tidak mencentang semuanya, kemudian saya pilih simpan.

step 7 daftar google analytics

Menginstall Tracking Code Google Analytics di Website

Setelah menyelesaikan pendaftaran di Google Analytics, maka selanjutnya akan melihat halam admin yang menampilkan kode Google Analytics atau yang biasa disebut Tracking Id atau ID Pelacakan. Perhatikan gambar berikut ini.

contoh kode google analytics

Perhatikan bagian “Pelacakan situs” . Nah di bawah Pelacakan situs ada kotak yang berisi tentang kode Google analytics yang bisa kamu install atau copy ke dalam website kamu.
Cara penginstalan kode Google analytics ini sangat bergantung dengan keadaan website kamu dibuat. Jika website kamu dibuat dengan kode HTML file, maka kamu bisa langsung meng-copy kode Google analytics tersebut dan meletakkannya sesudah tag <head> dan sebelum tag </head>.

Namun jika website kamu dibuat dengan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Blogger atau Shopify, kamu bisa langsung menuju ke pengaturan website dan mencari bagian marketing atau Google analytics account.

Jika kamu menggunakan WordPress untuk membuat website, maka saya akan menunjukkan caranya kepada kamu.
Pertama, kamu harus install plugin Google Site Kit.

step 8 daftar google analytics

Setelah klik “Install Site Kit” maka kamu diarahkan untuk mendownload plugin tersebut. Atau kamu juga bisa mendownload plugin ini melalui dashboard wordpress.
Saya anggap kamu sudah mendonwload plugin Site Kit by Google dan menguploadnya di plugin WordPress. Selanjutnya kita akan masuk ke halaman setting plugin Site Kit by Google. Sebelumnya kamu harus login menggunakan akun Gmail. Perhatikan gambar di bawah ini.
step 10 daftar google analytics

Setelah sign in menggunakan akun Google, maka kamu akan masuk ke halaman setting Site Kit by Google. Perhatikan gambar di bawah ini.

setting site kit by google plugin

Kamu bisa mengisi bagian Analytics dengan kode Google Analytics yang kamu punya selanjutnya klik simpan atau save. Selesai.

Kamu bisa mengecek apakah kode Google Analytics yang kamu isi sudah benar atau belum dengan mengklik bagian Analytics di Site Kit by Google tersebut. Mungkin untuk sementara Google Analytics belum mendapatkan data. Kamu harus menunggu beberapa hari agar Google analytics mengumpulkan data traffic dari website kamu.

Kesimpulan

Google analytics menjadi satu tools dasar yang wajib ada di website kamu. Karena dengan Google analytics, kamu akan mengetahui hal-hal dasar dari tujuan kamu memiliki website, seperti:
– berapa banyak jumlah pengunjung website kamu?
– dari mana pengunjung website kamu berasal?
dan masih banyak lagi.

Jadi tidak ada alasan untuk kamu untuk tidak menginstall kode Google analytics di website kamu. Selain manfaatnya yang banyak, cara menginstallnya juga tidak sulit.
Tunggu apalagi?
Segera install Google analytics dan coba untuk pelajari bagaimana cara membaca data yang ada di Google Analytics serta bagaimana cara mengatur goals website kamu melalui google analytics.

Jika kamu ada kritik dan saran, silahkan komen di bawah ya.
Terima kasih. Semoga bermanfaat.