Setelah berhasil mendaftar di Google analytics dan memasang kode google analytics di website kamu. Sekarang saatnya mengatur goals atau tujuan dari website kamu sehingga goal atau tujuan tersebut bisa kita track/lacak melalui google analytics.
Kenapa ini perlu dilakukan? Dengan mengatur Goals website dan mentracknya menggunakan Google Analytics, maka kamu bisa mengetahui apakah website kamu sudah optimal atau belum? apakah tujuan kamu membuat website sudah tercapai atau belum.
Nantinya data-data dari Google Analytics tersebut juga bisa kamu gunakan untuk menganalisa marketing website kamu kedepannya.
Tentu hal ini sangat membantu kamu bukan?
Goals atau tujuan website ini bisa berupa berapa orang yang mengklik button “daftar” atau berapa orang yang mengisi contact form di website dan mengalihkannya ke halaman “terima kasih”. Atau jika website kamu menjual sebuah produk (toko online) kamu juga bisa men-track berapa orang yang sudah membeli produk dengan mengarahkannya ke halaman “terima kasih” atau halaman “Order Complete” di website kamu.
Jadi pastikan kamu sudah membuat landing page atau halaman di mana visitor akan diarahkan setelah mereka mengisi form atau membeli produk di website kamu. Karena nantinya URL atau permalink dari halaman tersebut lah yang akan kita tambahkan di Google Analytics dan dijadikan endpoint Goals.
Biasanya URL atau permalink halamannya akan seperti ini:
https://namadomain.com/terima-kasih
https://namadomain.com/terima-kasih/
https://namadomain.com/terima-kasih.html
Cara Mengatur Goals Website di Google Analytics
Tujuan mengatur “Goals” di Google Analytics adalah untuk mengetahui berapa banyak orang yang sudah mengerti tujuan kamu membuat website.
Berikut cara mengatur “Goals” di Google Analytics:
- Buka Google Analytics dan pastikan kamu sudah berada di property website yang ingin kamu atur goalsnya. Klik “Admin” dan pilih “Goals” pada bagian menu “View”. Perhatikan gambar berikut:
- Setelah berada di menu “Goals”, kamu bisa pilih “Custom” (meskipun ada beberapa pilihan yang mungkin sesuai dengan goals website kamu). Kemudian klik “Continue” atau Perhatikan gambar berikut:
- Kemudian beri nama “Goals” kamu. Kemudian pilih “Destination”. Kemudian klik “Continue”. Perhatikan gambar berikut:
- Kemudian kamu akan mengisi details “Goals” di bagian Goals details. Nah di bagian ini kamu bisa masukkan URL/permalink dari halaman “Terima kasih” yang ada di website kamu. Atau bisa juga kamu isi dengan URL dari halaman yang kamu gunakan sebagai tujuan akhir Goals website kamu. Kamu bisa pilih “Begin with” kemudian isi dengan URL halaman di field selanjutnya. Perhatikan gambar berikut:
Selanjutnya ada pilihan optional (Value dan Funnel) yang bisa kamu lewatkan jika pilihan tersebut tidak sesuai dengan website kamu. Kemudian klik “Save”. - Setelah meng-klik “Save” maka kamu telah berhasil mengatur “Goals” website kamu di Google Analytics. Selamat. Selanjutnya kamu bisa melihat daftar “Goals” yang telah kamu buat di menu “Goals”. Perhatikan gambar berikut:
Sekarang kamu sudah mempunyai 1 “Goals” yang bisa kamu pantau trafiknya melalui google analytics. Jika kamu ingin membuat “Goals” lainnya, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas. Kamu bisa membuat “Goals” sampai dengan 20 jenis.
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kamu bisa membuat “Goals” lain yang berhubungan dengan website kamu. Bisa berupa daftar di contact form atau order complete.
Mengatur “Site Search“ di Google Analytics
Pengaturan lain yang juga bisa kamu atur di google analytics adalah “Site Search”. Perhatikan gambar berikut:
Nah, jika website kamu memiliki field atau kolom pencarian seperti gambar di atas, maka kamu bisa menambahkan “Goals” tersebut di Google Analytics.
Berikut cara mengaturnya:
- Buka halaman website kamu yang memiliki field “Search” atau pencarian. Kemudian ketikkan sesuatu di kolom pencarian tersebut, misalnya: “Kopi arabika”. Maka akan tampil halaman baru. Biarkan halaman tersebut terbuka. Karena nanti kamu perlu meng-copy url halaman tersebut. Perhatikan gambar berikut:
- Kemudian buka Google analytics di tap baru. Pastikan kamu berada di property website yang benar, kemudian klik “Admin” dan di bagian menu “View” klik “View Setting”. Scroll ke bawah sampai kami melihat “Site Tracking” dan pilih “On”. Perhatikan gambar berikut:
- Kemudian akan muncul field baru. Masukkan “Query Parameter” yang ada pada URL halaman yang terbuka tadi (Search result page) di step 1. Biasanya query parameter ini berisi “s” atau “q” . Kemudian klik “Save”. Selesai.
Perhatikan gambar berikut:
Pengaturan ini akan “membuat” Google analytics men-track semua pencarian yang dilakukan oleh visitor ketika berada di website kamu. Sehingga kamu bisa mempelajari kebiasaan visitor ketika mereka berkunjung ke website.
Selamat mencoba.
Selanjutnya saya akan membahas tentang bagaimana cara membaca data-data yang ada pada Google Analytics.
Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Leave a Reply