Apakah kamu sedang menjalankan sebuah bisnis online? Apakah kamu pernah melakukan pemasaran secara digital?
Tenang, jika kamu bingung, saya akan memberikan 5 tools digital marketing yang wajib kamu gunakan ketika melakukan digital marketing atau pemasaran digital.
Artikel ini membahas tentang:
1. Google Analytics
Google Analytics berguna untuk menghitung seberapa banyak pengunjung yang datang ke website kamu. Data yang kamu dapatkan bisa dijadikan bahan analisa kedepannya, apakah strategi pemasaran yang kamu lakukan sudah tepat atau belum.
Google Analytics akan menunjukkan bagaimana aktivitas pengunjung website kamu. Kamu juga akan mengetahui darimana sumber pengunjung website yang paling banyak datang dan yang mendatangkan konversi bagi kamu.
Tapi ingat jangan hanya mengoptimalkan jumlah traffic. Tapi kamu juga harus mengoptimalkan traffic yang ada menjadi konversi.
Berikut contoh halaman dashboard dari Google Analytics :
Saya akan membahas detail tentang Google Analytics di artikel selanjutnya.
Jika kamu belum mendaftar di Google Analytics, segera daftarkan website kamu di Google Analytics.
2. Google Search Console
Alat kedua yang wajib kamu gunakan adalah Google Search Console. Begitu kamu mendaftarkan website, maka kamu sudah membantu google untuk mengindeks halaman website kamu.
Google akan mengindeks atau meng-crawl setiap halaman yang ada di website kamu, sehingga akan memudahkan pengunjung untuk mencari website kamu nantinya.
Dengan google search console, kamu bisa melihat semua page yang ada di halaman website. Melihat berapa banyak postingan di blog kamu yang dikunjungi, melihat berapa banyak perbandingan antara jumlah klik dan jumlah tayang postingan kamu.
Nah dari data-data diatas, kamu bisa melakukan analisa. Seperti postingan mana saja yang ramai dikunjungi, kemudian kamu bisa lebih mengoptimalkan lagi supaya tingkat konversi semakin tinggi. Di google search console ini juga kamu bisa melihat halaman apa saja yang error.
Contoh tampilan dashboard Google Search Console :
Belum daftar? Silahkan daftarkan website kamu di Google Search Console.
3. KeywordTools
Dengan KeywordTools, kamu bisa menemukan kata kunci yang populer, menganalisa kompetitor, dan mencari jumlah pencarian kata kunci terkait.
Dan hebatnya lagi, KeywordTools tidak hanya bisa melihat itu semua di mesin pencarian Google, namun kamu bisa melihat data dari Youtube, Bing, Instagram, Amazon, bahkan eBay.
Sudah pernah pakai alat ini?
Silahkan kamu eksplorasi KeywordTools ini.
4. UberSuggest
Mirip dengan KeywordTools, UberSuggest berguna untuk mencari kata kunci yang tepat untuk konten website kamu. UberSuggest merupakan sebuah tools gagasan dari Neil Patel.
Dengan UberSuggest, kamu bisa melihat traffic website berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan.
Contoh :
Pada gambar diatas, kamu bisa melihat “social share” yang berarti berapa kali jumlah suatu page di share di media sosial. Dan pada “domain score” semakin tinggi angka tersebut authority suatu domain semakin baik.
Dari data tersebut, kamu bisa mengoptimalkan page mana yang harus kamu optimalkan agar mendapat konversi yang tinggi.
5. HotJar
HotJar adalah sebuah tools yang akan membantu kamu memetakan apa yang dilakukan pengunjung di website kamu dalam bentuk heatmap. Gunanya untuk apa?
Mungkin kamu bertanya-tanya, website saya banyak pengunjungnya, tapi kenapa tidak ada yang konversi?
Nah dengan HotJar, kamu bisa melihat seberapa efektifkah desain website kamu? Seperti peletakan buttonnya sudah tepat atau belum, gambarnya sudah benar? Apakah teksnya bisa dibaca? Dan sebagainya.
Contoh halaman website yang di analisa menggunakan HotJar.
Pada gambar diatas terlihat aktivitas pengunjung ketika mengunjungi sebuah halaman di website. Setelah kamu mendapatkan pemetaan seperti ini, kamu bisa menganalisa, kira-kira apa yang salah dari desain di halaman tersebut. Kenapa tidak mendapatkan konversi dan sebagainya.
Kesimpulan:
Ada 5 tools digital marketing yang bisa kamu pakai :
1. Google Analytics
2. Google Search Console
3. KeywordTools
4. UberSuggest
5. HotJar
Mungkin sebagian dari kamu ada yang menemukan tools digital marketing selain yang disebutkan diatas. Saya juga yakin masih banyak tools digital marketing lainnya. Dan pasti banyak dari ahli digital marketing menyarankan pakai tools A saja, B lebih mudah, C saja lebih murah dan efektif. Betul?
Yang mau saya tekankan disini adalah apapun tools yang akan kamu gunakan tidak akan berguna apabila kamu tidak melakukannya, take action!
Percuma kamu install Google Analytics, mendaftarkan website di Google Search Console, tapi hanya diam saja memandangi data yang ada. Tidak ada gunanya tools yang canggih, murah dan mudah tersebut.
Lihat, analisa, lakukan perbaikan berulang-ulang sampai kamu menemukan formula marketing yang tepat untuk bisnis kamu.
Jadi, sudah siapkah kamu untuk take action?
Jika sudah, cerita di kolom komentar pengalaman apa saja yang sudah kamu lakukan dengan tools tersebut.
Jika belum, yuk sharing apalagi masalah yang ada di hadapan kamu.
Salam.