Yudaps.id

Sebuah blog berisi cerita dari pengalaman hidup Yuda

Pengertian Konten Marketing

Kata-kata konten marketing belakangan ini sering terdengar, apalagi semenjak digital marketing mulai ramai di Indonesia. Ya, konten marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing online.

Dan konten marketing merupakan salah satu channel marketing terbaik saat ini.

Sebenarnya apa sih pengertian dari konten marketing itu dan kenapa menjadi salah satu yang terbaik?

Pengertian

Konten marketing adalah strategi pemasaran dengan merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens (calon klien) yang tepat sasaran, dan kemudian mendorong mereka menjadi customer (klien).

Jadi ada 2 tujuan dari konten marketing:

  1. Menarik audiens (calon klien) baru untuk mengenal bisnis/brand kamu.
  2. Mendorong audiens (calon klien) untuk menjadi customer (klien). 

Jika dilihat dari bentuk, konten bisa berupa foto, video, artikel, podcast, e-book, dan sebagainya. Sedangkan jika dilihat dari sifatnya: konten menghibur dan konten informasi (mendidik).

Zaman dulu ketika kita ingin melakukan pemasaran (marketing), kita harus menjangkau keluar untuk mencari customer. Baik itu dengan memasang iklan di tempat umum, door to door, nyebarin brosur dan sebagainya. Itu sebabnya biaya pemasaran zaman dulu sangat mahal.

Semenjak adanya konten marketing, hal tersebut berubah. Customerlah yang mencari kamu karena kamu punya “konten” yang bisa menyelesaikan masalah mereka, bahkan kemudian menjadi customer kamu (jika kamu berjualan).

Itulah sebabnya konten marketing menjadi salah satu media pemasaran efektif untuk saat ini. Meskipun begitu, terkadang masih banyak terdapat kesalahpahaman orang terhadap konten marketing, yaitu:

1. Konten marketing bukan (hanya) tentang mempromosikan konten.

Ingat ya, bukan berarti karena marketing di dalam bahasa Indonesia diartikan pemasaran lalu isi kontennya selalu tentang pemasaran. Bukan seperti itu.

Melainkan perencanaan, pembuatan, analisa dan distribusi juga masuk ke dalam konten marketing.

Dalam marketing (pemasaran) dikenal istilah AIDA “marketing funnel” atau tahapan yang dilalui seseorang (calon customer) mulai dari pengenalan hingga pembelian.

  • Attention: Calon customer sadar memiliki masalah dan ingin mencari solusi untuk masalahnya tersebut.
  • Interest: Calon customer mulai sadar dan tertarik untuk mempelajari, membandingkan (produk/jasa) kamu.
  • Desire: Calon customer mulai menentukan bahwa (produk/jasa) kamu adalah solusi untuk permasalahannya.
  • Action: Calon customer melakukan pembelian (produk/jasa) kamu.

2. Konten marketing bukan berarti konten yang berisi marketing (atau penjualan).

Kenapa? Karena calon customer kamu tidak langsung membeli, tapi mereka mencari informasi dan solusi yang tepat dulu untuk permasalahannya.

Nah dari sinilah calon customer mulai mengenal kamu, karena kamu dianggap sebagai solusi permasalahan mereka. Setelah mereka mengenal kamu, kemudian mereka akan melakukan pembelian.

Ngerti kan?

Oleh karena itu, dalam konten marketing kita harus menyediakan konten yang mengandung unsur dari marketing funnel (AIDA) tadi.

Contoh:

  • Attention: Buatlah konten yang bisa menyelesaikan permasalahan dari orang-orang yang menjadi target audiens bisnis kamu. Tanpa ada unsur penjualan sama sekali. Tujuannya untuk menarik perhatian audiens (calon customer) kamu.
  • Interest dan Desire: Buat konten dengan penjelasan yang lebih detail tentang produk/jasa yang kamu punya, seperti manfaat dan keunggulannya. Dan mulai ditambahkan dengan kenapa calon customer harus memakai produk/jasa kamu.
  • Action: Buat konten penjualan.

Jadi hanya sebagian kecil saja konten yang berisi tentang marketing atau penjualan.

Kesimpulan :

Konten marketing adalah strategi pemasaran dengan merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran kemudian mendorong mereka menjadi customer.

2 tujuan konten marketing:

  1. Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis/brand kamu.
  2. Mendorong audiens untuk menjadi customer.

Konten marketing bukan hanya tentang mempromosikan konten dan bukan hanya berisi tentang konten penjualan saja.

Nah, tertarik untuk mencoba konten marketing sebagai media pemasaran bisnis kamu? atau punya pengalaman menarik dalam menjalankan teknik konten marketing? sharing yuk di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *