Yudaps.id

Sebuah blog berisi cerita dari pengalaman hidup Yuda

Pengertian Domain Authority dan Cara Mengeceknya

Pengertian Domain Authority

Domain Authority (DA) adalah skor atau nilai peringkat sebuah domain di mesin pencari yang dikembangkan oleh MOZ yang bisa memprediksi peringkat website kamu di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Biasanya skor atau nilai Domain Authority itu berkisar dari 1 hingga 100. Semakin tinggi skor domain website kamu maka kemungkinan posisi website berada di halaman mesin pencari semakin tinggi.

Skor atau nilai domain authority dihitung dengan mengevaluasi beberapa faktor, seperti jumlah link yang menuju domain kamu. Kemudian skor ini digunakan untuk membandingkan website atau melacak posisi website dari waktu ke waktu.

Yang perlu diingat adalah, Domain Authority bukanlah metriks yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat website di mesin pencari dan besarnya domain authority tidak berpengaruh dengan hasil di mesin pencari.

Cara Mengecek Domain Authority

Kamu bisa mengecek domain authority melalui website Moz bar SEO tools. Caranya mudah, kamu tinggal ketikkan domain website, kemudian hasil domain authority kamu akan ketahuan berapa skornya. Perhatikan gambar di bawah ini.

cara cek domain authority

Dapat dilihat pada gambar di atas. Skor Domain authority dari domain yudaps.id adalah 7. Masih sangat kecil. Namun tidak perlu berkecil hati apabila skor domain authority website kamu juga masih kecil atau mungkin sudah mempunyai skor yang besar. Karena sebenarnya skor domain authority tidak berpengaruh dengan peringkat website kamu di mesin pencari. Namun bisa dijadikan metrik untuk memprediksi peringkat website kamu maupun website kompetitor.

Lalu, berapa seharusnya skor domain authority yang baik untuk website kamu?

Biasanya skor domain authority yang dimiliki oleh website besar yang memiliki banyak link yang mengarah ke website mereka selalu tinggi, contohnya seperti Google dan Wikipedia. Dan website-website baru yang belum memiliki banyak link yang mengarah ke website baru tersebut akan memiliki skor domain authority yang kecil. Website yang baru akan memiliki skor domain authority bernilai 1.

Sebaiknya mendapatkan skor domain authority yang tinggi bukan menjadi tujuan utama kamu. Tapi gunakan skor domain authority sebagai acuan kamu untuk memprediksi peringkat website kamu dan kompetitor di mesin pencari.

Dan skor domain authority ini adalah nilai perbandingan, jadi tidak ada yang buruk atau baik.

Cara Meningkatkan Skor Domain Authority

Tidak ada yang bisa memastikan cara pasti yang bisa digunakan untuk meningkatkan skor domain authority. Bahkan MOZ sendiri, hanya mengatakan cara yang general seperti optimasi SEO on-page dan off-page

Sejatinya memang seperti itu, mengingat domain authority terdiri dari kumpulan metrik dan link data atau tautan. Dan skor ini digunakan untuk memprediksi kemungkinan posisi sebuah website di mesin pencari Google, dan Google sendiri juga menggunakan banyak faktor untuk menentukan posisi sebuah website tersebut. Jadi ya wajar kalau metrik (skor domain authority) pun juga memiliki banyak faktor.

Kembali ke pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan skor domain authority website kamu? Jawabannya adalah dengan mengoptimasi SEO website kamu secara keseluruhan. Seperti optimasi on-page SEO, optimasi off-page SEO terutama untuk mendapatkan link dari website-website yang memiliki skor domain authority di atas skor domain authority website kamu.

Kesimpulan

Domain authority atau DA adalah:

  • Metrik yang dibuat oleh MOZ
  • Berguna untuk memprediksi posisi website di halaman mesin pencari dengan website kompetitor
  • Skor domain authority (DA) berada di range 1-100. Semakin tinggi skor DA maka posisi website kemungkinan berada di halaman pertama mesin pencari.
  • Sebaiknya hanya membandingkan skor DA website kamu dengan website yang “benar-benar” menjadi kompetitor kamu. (maksud benar-benar kompetitor kamu di sini adalah jika dilihat dari segi target market, kategori, produk yang dijual, topik dan sebagainya)

Ada pertanyaan mengenai domain authority? atau punya pengalaman lain tentang domain authority? Silahkan berbagi di kolom komentar ya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *